DeRayKha Toko Pakaian Anak di Jakarta Pusat

Beranda » Blog » DOA MASUK RUMAH Bag-1

DOA MASUK RUMAH Bag-1

Diposting pada 6 Desember 2023 oleh Admin / Dilihat: 26 kali / Kategori:

Bunda, selamat datang di DeRayKha.com, sumber inspirasi dan panduan bagi keluarga muslim yang mengutamakan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Kami hadir dengan bangga untuk mempersembahkan serial terbaru kami, “Fiqih Doa dan Dzikir.” yang kami salin dari website resmi Pesantren Tunas Ilmu.

Bagian pertama dari serial ini akan membahas doa yang mungkin terkadang terlupakan namun memiliki makna mendalam, yaitu “Doa Masuk Rumah.” Mari bersama-sama memahami hikmah dan tuntunan agama melalui panduan kami. Semoga setiap doa yang diucapkan dapat menjadi sinar keberkahan bagi setiap langkah di rumah tangga Anda.

Serial Fiqih Doa dan Dzikir: DOA MASUK RUMAH Bag-1

Berkesempatan untuk tinggal di rumah adalah karunia Allah yang harus disyukuri. Betapa banyak orang yang menggelandang di kolong jembatan atau di emperan toko.

Salah satu wujud syukurnya adalah dengan rutin membaca doa yang diajarkan Islam saat masuk rumah. Di antara redaksi doa tersebut adalah:

«بِسْمِ اللهِ»

“Bismillah”.

Dalil Landasan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

«إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: “لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ”، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: “أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ” وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ: “أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ»

“Bila seseorang memasuki rumahnya dan berdzikir kepada Allah (dengan membaca basmalah) saat masuk dan makan; maka setan akan berkata, “Kalian tidak mendapatkan tempat menginap dan makanan (di rumah ini).

Namun jika ia masuk lalu tidak membaca basmalah, setan akan berkata, “Kalian menemukan tempat menginap”. Bila ia tidak membaca basmalah sebelum makan; niscaya setan akan berkata, “Kalian mendapatkan tempat menginap dan makanan”. HR. Muslim (no. 5230) dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu.

Renungan Kandungan

Hadits di atas menjelaskan manfaat membaca basmalah saat masuk rumah serta sebelum makan dan minum. Yaitu mendapat perlindungan Allah dari kejahatan setan. Sebab setan selalu menguntit manusia dalam setiap aktivitasnya. Bila ia berdzikir mengingat Allah, maka setan akan mundur dan menjauhinya. Sehingga manusia terjaga dari makar setan dan tipudayanya.

Setan itu memiliki siasat untuk maju dan mundur. Dia akan maju manakala kita lalai dari berdzikir. Sebaliknya dia bakal mundur, manakala kita menyerangnya dengan dzikrullah. Jika kita menginginkan agar setan selalu mundur, maka kita pun harus senantiasa memukulnya terus dengan dzikir.

“Dzikir merupakan cemeti untuk mencambuk setan. Sebagaimana para penjahat dibuat jera dengan pukulan cemeti, kayu atau besi. Dzikrullah akan memukul dan menyakiti setan, persis seperti cemeti akan menyakiti orang yang disabet dengannya. Karena itulah setannya orang yang beriman berbadan kurus, lemah dan ceking. Sebab selalu disiksa dengan dzikir dan ketaatan pada Allah … Kebalikannya, setan yang bersama orang fasik, hidup dalam keenakan, sehingga dia kuat dan sombong.

Barang siapa yang tidak pernah menyiksa setannya di dunia ini dengan dzikrullah, tauhid, istighfar dan ketaatan pada Allah, ia bakal ‘disiksa’ oleh setannya di neraka. Hanya ada dua pilihan: manusia menyiksa setannya, atau ia disiksa oleh setannya”. Badâ’i’ at-Tafsîr (V/449-450).

Allah ta’ala berfirman,

“‌وَمَنْ ‌يَعْشُ ‌عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ”

Artinya: “Barang siapa yang enggan mengingat Allah; niscaya Kami akan membiarkan setan (menyesatkannya) dan menjadi teman karibnya”. QS. Az-Zukhruf (43): 36.

Pesantren “Tunas Ilmu” Kedungwuluh Purbalingga, 25 Shafar 1445 / 11 September 2023

Tags: , , , ,

Bagikan ke

DOA MASUK RUMAH Bag-1

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

DOA MASUK RUMAH Bag-1

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: